Selasa, 30 November 2010

Komputer Canggih Itu Bernama OTAK

Sampai sekarang kapasitas otak manusia masih menjadi topik perdebatan, dan yang anehnya masih banyak yang memberikan argumen yang tergolong unik dan lucu. Sebagai contoh, rata - rata manusia baru menggunakan 4 % kapasitas otaknya.

Apakah benar demikian ..... ????

Pada tahun 1959 salah satu Ilmuan di Universitas Yale yang bernama John Von Neumann di Universitas Yale mengestimasikan bahwa kapasitas otak manusia sekitar sekitar 35 exabite (atau sekitar 35 millyar Gigabite). Bisa terbayang tidak berapa data yang mampu ditampung. Bahkan komputer zaman sekarang belum ada yang mampu menandinginya. Termasuk lebih besar dari kapasitas seluruh memori komputer yang ada di kantor saya .......

Tahun - tahun berikutnya terjadi perbedaan pendapat. Diperkirakan dapat terjadi 100 trilyun koneksi syaraf antara sel-sel otak; dan ini dianggap setara dengan kapasitas 40 terabyte. Masih cukup besar, biarpun tak seseram angka von Neumann.

Prof Ralph Merkle dari Georgia Tech menyinggung bahwa sebenarnya para peneliti belum selesai menyusun asumsi dasar tentang bagaimana otak menyumpan informasi. Lalu ia mengusulkan melakukan eksperimen langsung yang mencatat kapasitas otak secara langsung. Ia mengambil beberapa hasil studi sebelumnya, dan melakukan kalkulasi ulang. Hasilnya mengesankan sekali. Kapasitas memori kita diperkirakan hanya sekitar 200 megabyte. Wow, flash drive berukuran 256MB saja sudah mulai dibuang-buang karena dianggap terlalu kecil.

Tapi, biarpun ini mungkin (mudah-mudahan) akan menjatuhkan ego kita, kesimpulan yang diambil cukup menarik. Otak kita istimewa karena dia tak melakukan processing dan penyimpanan seperti komputer. Otak mampu melakukan pengelolaan sumberdaya memori yang luar biasa sehingga dengan kapasitas sekian, ia mampu menyimpan dan mengolah informasi jauh lebih handal daripada komputer.


Silahkan Baca juga Postingan berikut:

1 komentar:

Unknown : 9 Desember 2010 pukul 19.56 mengatakan...

Hmm..
betul bgt tuh sob Allah menciptakan sesuatu yg sangat sempurna di atas bumi ini itu adalah Otak manusia, hnya saja kita kurang pndai mngolahx 'n krna memang kta hnya di bekali beberapa bkat saja sejak lahir utk yg lainx berrti kta hrus belajar mngoptimal kn krja otak kta...
nmun blm ada manusia yg benar" bsa smpai skrg ini...

Oh iya "Pertamax" tu apa'an sih sob...


Silahkan Berkomentar

Silahkan berkomentar dengan bijak sesuai tema tulisan. Gunakan Name/URL untuk memudahkan saya merespon komentar Anda.

Buku Tamu

Cerita Kampoeng BUGIS

Walaupun sebelunya saya tidak pernah tertarik dengan hal yang satu ini, saya lebih cenderung bergelut dengan game online yang menurut saya lebih seru dan mengasyikkan. Nama saya AM. Ridham, dengan title lulusan S1 Fisika UNM membuat saya bergelut dengan kerjaan yang lebih banyak di depan komputer. Dari seorang senior saya waktu kuliah dulu, mengajari saya tentang cara membuat blog. Walaupun kursus darinya sangat singkat (antara pukul 02:00 sampai 04:30 dini hari) telah melahirkan blog sederhana ini.

Kampoeng bugis merupakan blog yang menyajikan informasi baik berupa Artikel, Opini, Gambar, dll yang tentunya bermanfaat bagi kita semua. Nama "Kampoeng Bugis" terinspirasi dari sebuah suku di Sulawesi Selatan yang masih menjujung tinggi ada istiadat di tengah-tengah era moderenisasi yaitu suku bugis.

Blog ini tidak hanya berbagi mengenai suku Bugis tetapi juga menghadirkan informasi secara umum, walaupun nama Blog ini seakan-akan terkhusus pada satu sisi. Di dalam perjalanannya tentunya Blog ini masih sangat jauh dari kesempurnaan, tentunya sangat membutuhkan saran-saran dari para pengunjung Blog ini.

My Banner Link

Mau Tukar Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda

Kampoeng Bugis


 

Friend Connect

Back Link

The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Unlimited Automatic Link Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Free Auto Backlinks Ping your blog, website, or RSS feed for Free Free PageRank Checker Blogarama - The Blog Directory Top Show all blogs TOP.ORG - Topsites Personal BlogRankers.com Personal blog-indonesia.com

Donasi

Jika anda menganggap blog ini bermanfaat, sekiranya memberi sumbangan sukarela demi pengembangan blog ini